Dimensi Sistem Informasi: organisasi, manajemen, teknologi


1.      Organisasi, SI merupakan bagian yang tak terpisahkan dari organisasi. Elemen kunci dari organisasi adalah orang-orang di dalamnya, struktur, proses bisnis, politik, dan budaya. Organisasi memiliki struktur yang terdiri atas tingkatan dan keahlian yang berbeda. Manajemen tingkat senior (senior management) membuat keputusan strategis jangka panjang tentang produk dan jas serta memastikan kinerja finansial dari perusahaan. Manajemen tingkat menengah (middle management) akan menjalankan rencana dan program dari manajemen senior dan manajemen tingkat operasional (operational management) bertanggung jawab untuk mengawasi kegiatan harian bisnis. Tenaga ahli (knowledge worker) seperti insinyur, ilmuwan atau arsitek, merancang produk dan jasa dan menciptakan pengetahuan baru bagi perusahaan, sedangkan pekerja data (data worker) seperti sekretaris atau juru ketik, membantu pekerjaan surat menyurat dan laporan di semua tingkatan perusahaan. Pekerja produksi (production worker) atau pekerja jasa (service worker) sesungguhnya meproduksi produk dan menghasilkan jasa. Para ahli dipekerjakan dan dilatih pada fungsi bisnis yang berbeda. Fungsi bisnis (business function) utama, atau tugas khusus dilakukan oleh organisasi bisnis yang terdiri atas bagian penjualan dan pemasaran, bagian manufaktur dan produksi, akuntansi dan keuangan, dan SDM.

2.      Manajemen, tugas manajemen adalah untuk berusaha memahami banyak keadaaan yang dihadapi oleh organisasi, mengambil keputusan, dan merumuskan rencana kegiatan untuk memecahkan permasalahan organisasi. Para manajer harus memiliki kepemimpinan yang bertanggung jawab serta harus menciptakan produk dan jasa baru dan kerja kreatif.
3.      Teknologi, teknologi informasi adalah satu dari sekian banyak alat yang digunakan manajer untuk menghadapi perubahan. Peranti keras komputer (computer hardware) peralatan fisik yang digunakan untuk kegiatan input, pemrosesan, dan output dalam sebuah SI. Peranti lunak komputer (computer software) terdiri atas detil instruksi program yang mengawasi dan mengkoordinasikan komponen peranti keras dalam sebuah SI. Teknologi manajemen data (data management technology) terdiri atas peranti keras yang mengatur organisasi data pada media penyimpanan fisik. Teknologi telekomunikasi dan jaringan (networking and telecommunications technology), terdiri atas perangkat fisik dan peranti lunak, menghubungkan berbagai macam peranti keras dan memindahkan data dari satu lokasi fisik ke lokasi lainnya. Jaringan (networking) menghubungkan dua atau lebih komputer untuk berbagi data atau sumber daya seperti printer.


DAPUS

Laudon, C., & Laudon, P. (2007). Sistem informasi manajemen: mengelola perusahaan digital, Ed 10. Jakarta: Samlemba Empat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

APA ITU SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI?

5 Tokoh Psikologi Indonesia

ILMU ALAMIAH DASAR