ILMU ALAMIAH DASAR


PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG
Ilmu Alamiah Dasar (IAD) merupakan program pembelajaran baru yang ‎dikembangkan di perguruan tinggi. Pengembangannya bersifat dinamis yang dapat ‎mendukung perkembangan teknologi yang mampu meningkatkan ‎kesejahteraan manusia. Di era globalisasi saat ini mahasiswa dituntut agar mampu memiliki pengetahuan yang luas, memiliki softskills, dan hardskills. Ilmu Alamiah Dasar (IAD) dalam menunjang dan melandasi pengetahuan mahasiswa dalam memahami, mengkaji dan menerapkan pengetahuan lainnya.

TEORI
1.1 Pengertian Ilmu Alamiah Dasar 
Ilmu alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science) adalah pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip.


1.2 Perkembangan Alam Pikiran Manusia
Manusia mempunyai rasa ingin tahu yang tidak terbatas terhadap rahasia alam dan mencoba menjawab dengan menggunakan pengamatan dan pengalamannya. Pada manusia kuno mereka berfilsafat dan menjawab sendiri. Misalnya kenapa ada pelangi? Mereka membuat jawaban bahwa pelangi adalah selendang bidadari. Timbulah pengetahuan tentang bidadari dan sesuatu yang berkuasa. Pengetahuan baru itu muncul dari kombinasi antara pengalaman dan kepercayaan yang disebut mitos. Cerita-cerita mitos disebut legenda. Mitos dapat diterima karena keterbatasan penginderaan, penalaran, dan hasrat ingin tahu yang harus dipenuhi. 

Seiring perkembangn zaman, lahirlah ilmu pengetahuan dan metode ilmiah. Puncak pemikiran mitos yaitu pada zaman Babilonia 700-600 SM. Orang Babilonia berpendapat bahwa “alam semesta sebagai ruangan setengah bola dengan bumi yang datar sebagai lantainya dan langit dan bintang-bintang sebagai atapnya”. Mereka telah mengenal bidang ekleptika sebagai bidang edar matahari dan menetapkan perhitungan satu kali matahari beredar ketempat semula (365,25 hari). Pengetahuan dan ajaran tentang orang Babilonia setengahnya merupakan dugaan, imajinasi, kepercayaan atau mitos pengetahuan semacam ini disebut Pseudo Science (sains palsu). Tokoh-tokoh Yunani yang memberikan sumbangan perubahan pemikiran pada waktu itu adalah :
  1. Anaximander, segala benda adalah to operion. 
  2. Anaximenes, (560-520) mengatakan prinsip dasar segala sesuatu adalah udara. 
  3. Herakleitos, (560-470) apilah yang menyebabkan transmutasi. 
  4. Pythagoras (500SM) unsur semua benda adalah tanah, api, udara dan air 
  5. Demokritos (460-370) atomos atau atom. 
  6. Empedokles (480-430 SM) memperkenalkan tentang daya tarik-menarik dan daya tolak-menolak. 
  7. Plato (427-345) keanekaragaman yang tampak ini sebenarnya hanya suatu duplikat dari semua yang kekal dan immatrial. 
  8. Aristoteles ia mengajarkan unsur dasar alam yang disebut Hule. Zat ini tergantung kondisi sehingga dapat berwujud tanah, air, udara atau api. 
  9. Ptolomeus (127-151) SM bumi adalah pusat tata surya (geosentris). 
  10. Avicenna (ibn-Shina abad 11) ahli dibidang kedokteran, selain itu ahli lain dari dunia Islam yaitu Al-Biruni seorang ahli ilmu pengetahuan asli dan komtemporer. Pada abab 9-11 ilmu pengetahuan dan filasafat Yunani banyak yang diterjemahkan dan dikembangkan dalam bahasa Arab. Kebudayaan Arab berkembang menjadi kebudayaan Internasional.

1.3 Mitos, Penalaran, dan Cara Memperoleh Pengetahuan  
 MITOS
 Mitos adalah tradisi lisan yang bersifat simbolik yang mengisahkan serangkaian cerita nyata atau imajiner. Di dalam mitos berisi asal usul alam semesta, dewa-dewa, supranatural, pahlawan manusia atau masyarakat tertentu yang mana memiliki tujuan untuk meneruskan dan menstabilkan kebudayaan, memberikan petunjuk hidup, pemberian makna hidup.Contoh-contoh Mitos:
 
Cerita Barong Bali


Cerita Nyi Roro Kidul (Ratu Pantai Selatan)

Cerita Jaka Tarub
·         LEGENDA
Legenda adalah cerita prosa rakyat yang dianggap oleh empunya sebagai suatu yang benar-benar terjadi. Legenda seringkali dipandang sebagai sejarah kolektif (folkstory). Jan Harold Brunvand menggolongkan legenda menjadi empat kelompok, yaitu legenda keagamaan (religious legends), legenda alam gaib (supernatural legends), legenda perseorangan (personal legends), dan legenda setempat (local legends).

Legenda Keagamaan legenda orang-orang yang dianggap suci atau saleh

Legenda Alam Gaib kisah yang dianggap benar-benar terjadi dan pernah dialami seseorang

Legenda Perseorangan cerita mengenai tokoh-tokoh tertentu yang dianggap benar-benar terjadi.

Legenda Setempat cerita yang berhubungan dengan suatu tempat, nama tempat dan bentuk topografi, yaitu legenda Ambu Naga Runting.

CERITA RAKYAT
Cerita rakyat adalah sebagian kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki Bangsa Indonesia. Tokoh-tokoh yang dimunculkan dalam cerita rakyat umumnya diwujudkan dalam bentuk binatang, manusia maupun dewa.
Cerita Rakyat Lutung Kasarung

Perbedaan antara mitos, legenda dan cerita rakyat yaitu mitos adalah cerita yang belum jelas terjadinya karena tidak ada bukti otentik yang bisa membuktikan kebenarannya. Sedangkan Legenda adalah cerita rakyat dimasa lampau yang benar-benar terjadi dan biasanya memiliki bukti otentik, dan Cerita Rakyat itu biasanya cerita tentang kebudayaan asal muasal suatu tempat atau kejadian.



  • Cara Manusia Memperoleh Pengetahuan 
Lahirnya ilmu alamiah.
Panca indera akan memberikan tanggapan terhadap semua rangsangan dimana tanggapan itu menjadi suatu pengalaman. Pengalaman yang diperoleh terakumulasi oleh adanya rasa ingin tahu manusia. Pengalaman merupakan salah satu terbentuknya pengetahuan, yakni kumpulan fakta-fakta. Pengalaman akan bertambah seiring bejalannya waktu dan mewariskan kepada generasi-generasi berikutnya. Pertambahan pengetahuan didorong oleh pertama untuk memuaskan diri, yang bersifat non praktis atau teoritis guna memenuhi kuriositas dan memahami hakekat alam dan isinya kedua, dorongan praktis yang memanfaatkan pengetahuan itu untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih tinggi. Dorongan pertama melahirkan Ilmu Pengetahuan Murni (Pure Science) sedang dorongan kedua menuju Ilmu Pengetahuan Terapan (Aplied Science)

  • Mengapa Manusia Mudah Menerima Mitos?
Dari apa yang sudah dibahas, bahwa mitos adalah sebuah kepercayaan yang dipandang sebagai cerita yang sakral dari waktu ke waktu. Mitos sangat berpengaruh pada kehidupan masyarakat, khususnya masyarakat tradisional yang masih sangat kental dengan kebudayaan daerahnya. Mereka tidak berpikir secara logika melainkan mereka sudah percaya mengenai hal-hal yang sudah turun temurun dari nenek moyangnya. Pada dasarnya, mitos orang zaman dahulu memiliki tujuan yang baik untuk kelangsungan hidup keturunannya namun kembali lagi pada kepercayaan yang kita miliki, apakah kita terus berpikiran kolot seperti manusia pada zaman dahulu atau mempunyai pikiran yang luas? Sebetulnya, manusia adalah makhluk yang lemah di banding makhluk lain namun dengan akal budinya dan kemauannya yang sangat kuat maka manusia dapat hidup dengan lebih baik lagi, akal budi dan kemauannya yang sangat kuat itulah sifat unik dari manusia.

ANALISIS
Ilmu alamiah dasar atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science) merupakan ilmu pengetahuan yang menjelaskan tentang gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. IAD hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja dan ilmu yang hanya berbicara tentang bagaimna metode-metode ilmu kealaman secara filosofi. Ilmu sains ini berbicara tentang metode-metode alamiah sehingga tidak dapat lepas dari realitas objek-objek materi yang dapat dilihat oleh indra. Ilmu alamiah dasar yang mempelajari dasar-dasar alamiah secara universal yang mencakup dasar-dasarnya saja.

REFERENSI



Komentar

Postingan populer dari blog ini

APA ITU SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI?

5 Tokoh Psikologi Indonesia