Mari mengenal Psikologi di Bidang PIO dan Klinis

Bulan lalu, 7 November 2015 Universitas Gunadarma mengadakan seminar khusus untuk mahasiswa Psikologi. Seminar yang diselenggarakan oleh BEMF Psikologi Gunadarma ini mengangkat tema "Mendalami Arah Kerja Lulusan Psikologi di Bidang PIO & Klinis". Awalnya saya mengetahui event seminar ini melalui spanduk yang terpajang di depan pintu masuk kampus E Gunadarma dan kebetulan saya sangat berantusias mengenai hal-hal yang berkaitan dengan PIO karena aku ingin melanjutkan S2 dan menjadi HRD hihihi aamiin. So you want to be an HRD? It's all in your hands

Ok next, aku melakukan registrasi pendaftaran hanya dengan melewati 3 tahapan. 

Tepat pukul 13.00 WIB acara dimulai dengan sambutan ketua BEMF Psikologi dan ketua pelaksana kegiatan seminar. Para MC pun memperkenalkan diri dan mempersilahkan Ibu Meti (maaf jika ada kesalahan dalam salah satu huruf)sebagai pembicara PIO. Aku merinding setelah MC menyebutkan semua pengalaman-pengalaman yang beliau miliki dan juga dengan profesinya saat ini. Beliau memiliki pengalaman yang cukup banyak dan luar biasa di bidang PIO saya salut akan prestasinya, semua pengalaman yang beliau explore sangat menginspirasi dan membuka pengetahuan saya lebih jauh lagi. Pesan beliau yang paling saya ingat ialah “jika individu tidak memiliki konsep atau tidak memahami teori, maka individu itu tidak akan berhasil berkompetensi di dunia pekerjaan”. Saya setuju dengan perkataannya bahwa menjadi seorang yang besar harus bisa memahami konsep dan memiliki self branded. Seorang PIO prospek kerja kedepannya bisa menjadi HRD, Asisten Psikologi, Staf/Manajer di Bidang SDM, Staf Konsultan di Bidang Psikologi, Pengajar, Konselor, Perancang & Fasilisator Pengembangan Komunitas, Asisten Peneliti, Fasilisator & Motivator dalam Program Penelitian, Administrator Tes Psikologi, dan Pelaku Usaha Mandiri.Selanjutnya membahas mengenai Psikologi Klinis oleh Ibu Anet, beliau juga tak kalah hebat dengan Ibu Meti. Prestasi Ibu Anet perlu di acungkan jempol. 

Maaf jika saya tidak menyebutkan semua pengalaman, prestasi, dan pekerjaan-pekerjaan yang Ibu Meti dan Ibu Anet miliki karena saya lupa hehe mungkin sudah lama dan baru saya posting akhir-akhir ini. Ok lanjut...meskipun passion saya tidak di Klinis so I found my experiences in HRD tapi klinis juga ok kok hehe. Saya menjadi tahu mengenai Psikologi di bidang Sosial dan Politik sebagai konselor yaitu yang berkaitan dengan masalah kesehatan mental klinis, institusi, LSM/NGO. Prospek kerja kedepannya pun juga tak kalah hebat dengan PIO yaitu:

1. Bidang Pendidikan: Guru PAUD/BK,SD/SMA,Home Shooling,Psi.sekolah
2. Bidang Sosial dan Politik: Konselor

Itu hanya beberapa hal-hal yang saya catat, selebihnya cukup dipahami.Jadi mulai sekarang jangan takut atau bimbang dengan lulusan Psikologi. Siapa bilang lulusan S1 Psikologi itu sulit mendapatkan pekerjaan? BIG NO! Menurutku, bagi mereka yang terus mengoptimalkan atau mengembangakan ilmu yang dimiliki dan mempunyai banyak pengalaman dengan bertemu dengan orang-orang hebat membuat urusan pekerjaan kita kedepannya menjadi mudah. Belajar tidak hanya di internal kampus tetapi cobalah untuk mengexplore dunia external kampus yang lebih luas dan membuat kamu lebih bisa menjadi individu yang berpikir kritis. Belajarlah dengan dunia luar yang sedang menunggumu untuk mengexplore SDM yang kamu miliki. Aku yakin kalian pasti memiliki potensi!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

APA ITU SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI?

5 Tokoh Psikologi Indonesia

ILMU ALAMIAH DASAR