PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
PROPOSAL
PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
JUDUL
PROGRAM
Belajar
dan Bermain Bersama Adik Lapak
BIDANG
KEGIATAN:
PKM
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
DIUSULKAN
OLEH :
1.
Dwi Rosita
2.
Nataline Sabrina
3.
Puja Annisa M
4.
Riqqoh Ambarani
5.
Shintias Marti Evinata
UNIVERSITAS
GUNADARMA
DEPOK
2017
DAFTAR
ISI
Daftar Isi...............................................................................................................i
Ringkasan..............................................................................................................ii
Pengesahan Usulan PKM
Pengabdian kepada Masyarakat..................................1
BAB 1
PENDAHULUAN...................................................................................2
1.1 Latar
Belakang............................................................................................2
1.2 Rumusan
Masalah.......................................................................................2
1.3 Potret, Profil, Kondisi Khayalak
Sasaran...................................................3
1.4 Kondisi
dan Potensi Wilayah.....................................................................
.3
1.5 Tujuan...........................................................................................................3
1.6 Luaran...........................................................................................................4
BAB 2 GAMBARANUMUM
MASYARAKAT SASARAN.............................5
BAB 3 METODE
PELAKSANAAN....................................................................6
BAB 4 BIAYA DAN JADWAL
KEGIATAN.....................................................7
PENGESAHAN USULAN PKM PENGABDIAN
KEPADA MASYARAKAT
1.
Judul
Kegiatan :
Belajar
dan Bermain Bersama Adik Lapak
2.
Bidang
Kegiatan :
3.
Ketua
Pelaksana Kegiatan
a. Nama
Lengkap : Dwi
Rosita
b. NPM :
12515060
c. Program
Studi : Psikologi
d. Perguruan
Tinggi : Universitas Gunadarma Depok
e. Alamat
Rumah dan No.Hp : Jl. Kemang Utara
E/081285140108
4.
Anggota
Pelaksana Kegiatan/Penulis
PENGESAHAN USULAN PKM
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
5.
Judul
Kegiatan :
Belajar
dan Bermain Bersama Adik Lapak
6.
Bidang
Kegiatan :
7.
Ketua
Pelaksana Kegiatan
g. Nama
Lengkap : Nataline
Sabrina
h. NPM :
14515990
i.
Program Studi : Psikologi
j.
Perguruan Tinggi : Universitas Gunadarma Depok
k. Alamat
Rumah dan No.Hp :Komp.AL Ciangsana/083877507085
8.
Anggota
Pelaksana Kegiatan/Penulis
1
BAB
1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Kurangnya pendidikan yang layak untuk
anak-anak yang termaginalkan menjadi momok persoalan yang tidak ada habisnya.
Menurut Ortega Y. Gasset, seperti dikutip oleh E. F Schumacher (1979),
pendidikan adalah penyebaran idea yang memungkinkan orang memilih antara yang
ini dan yang itu, atau untuk hidup sedikit lebih baik. Tapi pada kenyataanya,
ketika orang mencapai tingkat pendidikan tertentu justru makin terkurung pada
satu pilihan saja sehingga hidupnya makin sengsara (Darmaningtyas, 2004).
Berdasarkan pendidikan untuk anak-anak yang termajinalkan membutuhkan
pendidikan yang layak maka perlu digerakkan oleh masyarakat di mana masyarakat
mempunyai peluang dan peran penting dalam mendukung dalam hal pendidikan, oleh
karena itu pemberdayaan masyarakat menjadi sangat penting atas dasar untuk
menumbuhkan kesadaran, kemauan dan kemampuannya sebagai pelaku pembangunan
kesejahteraan pendidikan. Menurut UU Nomor 22 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional, bahwa pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945
mengamanatkan Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa
Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan
umum, mencerdaskan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang
berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Dalam kaitan
dengan beban berat pendidikan itu, yang menyedihkan adalah bahwa alokasi beban
tersebut tidak ditujukan untuk hal-hal substansif, yang berhubungan langsung
dengan pencerdasan masyarakat. Misalnya penyediaan fasilitas belajar yang
lengkap, peningkatan kualitas guru atau kesejahteraan guru, peningktan
kecakapan murid, serta pengadaan sarana perpustakaan dan laboratorium yang
memadai, dan sejenisnya (Darmaningtyas, 2004). Belajar dan Bermain Bersama Adik
Lapak adalah upaya kami agar mampu membantu adik-adik Lapak Gandaria dalam
mendukung dalam bidang Pendidikan. Memberikan pendidikan informal kepada mereka
dengan berbagai pengetahuan dengan metode yang fun dan unik sehingga adik-adik dapat dengan fleksibel bergerak
beraktivitas dengan nyaman ketika belajar. Dengan demikian, kemampuan mengajar
kami harus dikembangkan untuk berpotensi secara maksimal ketika di lapangan
dengan adik-adik.
Memberikan fasilitas belajar yang
memadai kepada adik-adik Lapak untuk mendukung dalam proses berlajar merupakan
salah satu penunjang kebutuhan di lapangan. Oleh karena itu diharapkan Program
Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini dapat membantu kami melalui penyuluhan dan
pelatihan guna peningkatan pengetahuan dan keterampilan.
1.2 Rumusan Masalah
Rumusan
masalah yang akan dipecahkan melalui program ini pada dasarnya tidak lepas dari
ruang lingkup permasalahan di atas, yaitu:
1. Bagaimana
menentukan metode belajar yang tepat kepada adik-adik Lapak Gandaria?
2. Bagaimana
cara memberikan pemahaman kepada adik-adik Lapak Gandaria?
3. Bagaimana
cara untuk tetap adik-adik Lapak Gandaria dapat memperoleh Pendidikan secara
rutin?
1.3 Potret, Profil dan Kondisi Khalayak
Sasaran
Kondisi masyarakat di daerah Gandaria,
Jakarta Selatan masih berada dibawah
garis kemiskinan serta tingkat pendapatan yang masih rendah, ditambah lagi
dengan kondisi perumahan yang kumuh dan padat penduduk. Sasaran kegiatan ini
adalah lapangan badminton yang
bermukim di daerah Gandaria yang masih layak. Melalui pengabdian masyarakat ini
diharapkan tempat belajar adik-adik Lapak terbantu sehingga program ini akan
disambut baik oleh masyarakat setempat.
1.4 Kondisi dan Potensi Wilayah
Potensi di daerah Gandaria, Jakarta
Selatan untuk dijadikan tempat kegiatan ini sangat baik karena program ini
sangat didukung oleh ketua RT dan warga setempat dan di daerah ini juga telah
terdapat pojok baca. Sehingga hanya perlu membuat pengembangan seperti
pengajaran dan memberikan kebutuhan alat-alat dan juga perlengkapan belajar
adik-adik.
1.5 Tujuan
Adapun tujuan dari PKM
ini adalah:
1.
Memberikan pemahaman dan pengetahuan
kepada adik-adik
2.
Mengaktifkan kegiatan secara sukarela
dengan adik-adik
3.
Memberikan bantuan peralatan untuk
memaksimalkan kegiatan
4.
Mampu mengurangi angka buta huruf dan
baca tulis
1.6 Luaran
Luaran
yang diharapkan dari pelaksanaan program ini adalah meningkatkan pemahaman ilmu
pengetahuan adik-adik Lapak. Para maysarakat, orangtua, dan pak RT memahami
bahwa terdapat banyak potensi yang dimiliki oleh adik-adik Lapak untuk
mengurangi angka buta huruf dan baca tulis dalam jangka panjang. Hasil akhirnya
diharapkan jumlah anak yang mengalami buta huruf akan menurun dan para orangtua
bisa mengaplikasikan sistem belajar yang
unik kepada adik-adik Lapak.
BAB
2 Gambaran Umum Masyarakat Sasaran
gambar hanya sebagai contoh keadaan |
gambar hanya sebagai contoh keadaan |
Terlihat dalam gambar
tersebut sekumpulan siswa/i sedang mengikuti proses pembelajaran yang mana
dilakukan dalam ruang terbuka. Kegiatan tersebut melibatkan beberapa orang
relawan yang turut berpartisipasi dalam mengikuti pembelajaran yang berlangsung
dalam 2 kali seminggu. Kegiatan ini biasa berjalan di hari sabtu dan minggu.
Dalam gambar 1, terlihat satu guu sedang mengajar aak-anaknya. Biasanya ini
disertai kegiatan bercerita, menulis, dan membaca. Anak-anak yang terlibat
dalam kegiatan tersebut biasanya 7-11 tahun. Dalam gambar 2, terlihat beberapa
relawan sedang membimbing siswa/i yang berusia 12-17 tahun. Biasanya kegiatan
tersebut diisi dengan latihan berhitung, essay, dan mengerjakan soal.
BAB
3 METODE PELAKSANAAN
Metode yang akan
dilaksanakan merupakan serangkaian tahapan yang disusun secara sistematis dan
tersususun, berikut gambaran flow map yang akan dilaksanakan :
•Penetapan daerah
sasaran
•Survei daerah sasaran
•Observasi lapangan
•Penyusunan materi
•Persiapan sarana dan
prasarana
•Izin pelaksanaan
•Sosialisasi Program
•Pelaksanaan Program
•Laporan Akhir
Untuk gambaran tata
pelaksanaan program yang akan dilaksanakan, langkah pertama yang akan dilakukan
adalah meminta izin kepada pihak yang berwenang untuk melaksanakan kegiatan
belajar mengajar. Tahap selanjutnya melakukan sosialisasi program materi yang
akan di ajarkan pada masyarakat setempat. Tahap ketiga melakukan persiapan
penyusunan materi yang akan diajarkan dan rancangan kegiatan belajar mengajar.
Tahap selanjutnya pembelian dan persiapan sarana dan prasarana yang dibutuhkan
untuk menunjang pelaksanaan kegiatan , seperti proyektor, white screen, lembar
materi, lembar bahan ajar, printer, meja, kursi, lemari buku, alat tulis, poster, alat-alat berhitung.
BAB 4 BIAYA
DAN JADWAL KEGIATAN
Anggaran Biaya
No
|
Uraian
|
Biaya
|
1.
|
Peralatan
sarana dan prasarana
|
Rp.
3.632.000
|
2.
|
Peralatan
penunjang
|
Rp.
3.700.000
|
3.
|
Lembar
bahan ajar
|
Rp. 200.000
|
4.
|
Perjalanan
|
Rp.
1.500.000
|
5.
|
Lain-lain
|
Rp.
1.000.000
|
|
Jumlah
|
Rp.
10.032.000
|
Jadwal kegiatan
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|||||||||||||||
Bulan 1
|
Bulan 2
|
Bulan 3
|
Bulan 4
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Penetapan
daerah sasaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Survei
daerah sasaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Observasi
Lapangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
penyusunan
materi dan persiapan lembar kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
persiapan
sarana dan prasarana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Izin
pelaksanaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
sosialisasi
program
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
pelaksanaan
program
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
laporan
Akhir
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
: Sudah
dilaksanakan
:
Pelaksanaan program
Komentar
Posting Komentar